Edwin S. Porter: Sinematografer sebagai Sutradara

· Nurbaiti Fitriyani

Setelah gambar-bergerak ditemukan, sejarah kemudian mencatat kemajuan industri perfilman. Bukan hanya alat dan filmnya saja yang mengikuti perjalanan sejarah film, tetapi juga orang yang mengoperasikan alat dan mencipta ide. Hingga pada akhirnya, selain sutradra, juga seorang sinematografer menjadi penting, bahkan kedudukannya disamakan dengan sutradara.

Biografi Edwin S. Porter

Edwin S. Porter: Sinematografer sebagai Sutradara
Edwin S. Porter

Porter adalah seorang proyektor film dan seorang ahli di bidang peralatan fotografi. Pada akhir 1900, ia bekerja untuk Edison yang sangat ia kagumi. Dia pun diberi tugas untuk memperbaiki kamera dan proyektor perusahaan.

Pada awal 1901, Porter mulai mengoperasikan kamera. Pada tahun inilah tercatat dalam sejarah perfilman bahwa juru kamera juga menjadi sutradara film. Porter pun bertanggung jawab atas banyak film paling populer di perusahaan milik Edison.

Sejak periode pra-1908, Porter sering dikreditkan di semua inovasi, termasuk membuat film cerita pertama (Life of an American Fireman). Porter bahkan sering menggambar teknik yang sudah digunakan oleh Melies, Smith, dan Williamson. Namun, secara imajinatif ia mengembangkan model-modelnya dan tanpa diragukan lagi Porterlah yang memperkenalkan beberapa teknik orisinal.

Ada banyak, bahkan ratusan film fiksi yang dibuat secara bertahap sebelum Life of a American Fireman (1903). Porter sendiri telah melakukan beberapa hal, termasuk versi Jack and the Beanstalk pada tahun 1902. Ia memiliki akses ke semua film asing yang sedang diduduki Edison Company, sehingga ia dapat mempelajari inovasi terbaru.

Porter pun meneliti karya Melies yang berjudul A Trip to the Moon dengan cermat, hingga ia memutuskan untuk meniru cara bercerita dalam serangkaian pengambilan gambar. Sejak tahun 1902, banyak filmnya yang berisi beberapa cuplikan, dengan upaya untuk mencocokkan waktu dan lintas ruang angkasa.

Life of a American Fireman milik Porter sangat terkenal dalam hal bercerita seperti itu. Dimulai dengan long shot dari seorang pemadam kebakaran yang tertidur. Pemadam memimpikan seorang wanita dan anak-anak yang terancam oleh api. Mimpi itu merepresentasikan semacam balon pikiran; sketsa melingkar ditumpangkan di bagian atas layar.

Film ini diakhiri dengan dua long shot yang menunjukkan aksi yang sama dari dua tempat, yakni seorang pemadam kebakaran datang di jendela kamar untuk menyelamatkan ibu, lantas kemudian kembali untuk menyelamatkan bayinya. Di detik ini, dapat dilihat adanya adegan penyelamatan dua kali dari posisi kamera di luar rumah.


Porter membuat beberapa film penting pada tahun 1903, di antaranya merupakan adaptasi versi panggung populer dari novel Uncle Tom's Cabin. Terdiri dari serangkaian adegan one-shot yang dihubungkan oleh intertitles, yang mana diketahui digunakan di film Amerika pertama kali. Porter mendapatkan teknik tersebut dari film G. A. Smith.

Film Porter yang juga tak kalah penting di tahun 1903 ialah The Great Train Robbery. Dibuat dengan menggunakan sebelas foto yang menceritakan kisah sekelompok bandit di rel kereta yang menyekap operator telegraf.

Beberapa tahun kemudian setelah film The Great Train Robbery, tercipta teknik yang disebut intercutting. Barangkali tidak ada film periode pra-1905 yang sepopuler The Great Train Robbery.

Porter bekerja untuk Edison selama beberapa tahun lagi. Pada tahun 1905 ia menyutradarai The Kleptomaniac. Sebuah kritik sosial yang membandingkan situasi dua wanita yang melakukan pencurian.

Bagian pertama menunjukkan barang curian kleptomaniak di department store. Kemudian terlihat foto-foto wanita miskin yang bertindak cepat mengambil sepotong roti. Adegan akhir memperlihatkan ruang pengadilan di mana wanita malang itu dijatuhi hukuman, sedangkan yang kaya dibebaskan.

Dalam film Porter, The Dream of a Rarebit Fiend (1906), penggambaran seorang pemabuk yang pusing diambil dengan kemara superimposisi dan bergoyang

Kebersamaan Porter dengan Edison hanya sampai pada tahun 1909. Porter meninggalkan Edison untuk menjadi produser independen. Namun tak lama kemudian Porter dikalahkan oleh orang lain yang baru saja memasuki industri perfilman.

Dari sekian banyak pembuat film, Porter merupakan salah seorang pembuat film yang berkontribusi dalam pembuatan film fiksi di seluruh industri dari tahun 1902 hingga 1905. Tidak seperti jenis film topikal, yang bergantung pada peristiwa berita yang tidak terduga, film fiksi dapat direncanakan sebelumnya. Selain itu film fiksi juga dapat dibuat di studio, tidak harus melakukan perjalanan dengan biaya mahal agar dapat objek yang menarik. Penonton pun juga lebih suka dengan film cerita.

Perubahan besar pada medium baru dan seni baru pun terjadi dalam sinema pada tahun 1904. Film fiksi menjadi produk utama industri di tahun ini. Semakin banyak film yang disewakan kepada peserta pameran, akhirnya terbentuk sistem pembagian dalam insdustri film, yakni produksi, distribusi, dan ekshibisi. Pameran menyebar secara internasional dan pada akhirnya film bisa dilihat dan dinikmati di sebagian besar negara.

Selama sepuluh tahun pertama eksploitasi bioskop secara komersial, akhirnya ditetapkan sebagai pertumbuhan industri berskala internasional. Terlebih lagi, para pembuat film sudah mulai mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan kreatif dari medium baru ini.

Dengan demikian, seorang sinematografer, bukan hanya mengoperasikan kamera untuk merekam gambar-bergerak, tetapi juga sekaligus ia dapat mencipta sebuah film. Edwin S. Porter telah membuktikannya, bahkan ia telah melahirkan beberapa film yang memengaruhi industri perfilman di seluruh dunia.

{
  "credit title": {
    "author": "Itiabrun Inayirtif",
    "editor": "Nashrullah Ali Fauzi",
    "category": "Esai Teoretis",
    "canonical publication": "Monoskrin"
  }
}
Details
Settings





Converter

Penulis: Nurbaiti Fitriyani

Editor: Nashrullah Ali Fauzi

Hak Publikasi Kanonis: Monoskrin

Tag: Sejarah Film, Sejarah Film Dunia

Kategori: Esai Teoretis

Lisensi: Creative Commons (CC BY-NC-ND 4.0)

Monoskrin

Monoskrin adalah situsweb yang mempublikasikan artikel-artikel tentang penciptaan sekaligus pengkajian film secara global.

Posting Lebih Baru · Posting Lama

Log

Perihal esai/artikel studi sinema.

Riset

Perihal penelitian film.
Perihal penelitian film.

Nawala Monoskrin

Dikirim setiap ada konten terkini

Iklan dan Advertorial Monoskrin