Tentang

Monoskrin adalah situsweb yang mempublikasikan artikel-artikel tentang penciptaan sekaligus pengkajian film secara global.

Monoskrin
“Monoskrin”
Tabel Konten
  1. Mukadimah
  2. Monoskrin: Asal-Usul Sejarah Nama
  3. Kebahasaan Konten Monoskrin
  4. Gaya Kepenulisan Monoskrin
  5. Kontak
  6. Catatan Kreator

Mukadimah

Monoskrin adalah situsweb yang mempublikasikan artikel-artikel tentang penciptaan sekaligus pengkajian film secara global.

Dua bidang tersebut, yakni penciptaan dan pengkajian film/sinema/movie, tidak dapat berdiri sendiri, karena keduanya saling berkaitan satu sama lain. Penciptaan film (segala sesuatu yang berhubungan dengan film secara teknis) tidak akan berkembang tanpa pengkajian film (studi ilmiah, baik secara teoritis maupun kritis, terhadap teks film itu sendiri). Dengan adanya studi sinema, tentu teknis film akan berkembang, termasuk bersama teknologi yang menunjangnya.

Monoskrin: Asal-Usul Sejarah Nama

Nama Monoskrin tidak berupaya untuk fanatik terhadap ideologi apapun. Karena film pada dasarnya dihidupkan oleh dua jenis media: audio dan visual, maka terminologi "mono" terambil dari bidang yang berkaitan dengan audio dan "skrin" adalah kata lain dari layar. Jika disambungkan, maka muncullah istilah "monoskrin", tentunya dapat dimaknai sebagai "layar tunggal".

Kebahasaan Konten Monoskrin

Takrif, istilah, terminologi, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan artikel film di situsweb Monoskrin akan dipadupadankan dengan bahasa Indonesia, kecuali istilah-istilah yang memang menjadi rancu ketika dialihbahasakan ke bahasa Indonesia.

Gaya Kepenulisan Monoskrin

Sebisa mungkin gaya kepenulisan yang dipakai oleh Monoskrin akan menyesuaikan bentuk, baik itu tentang studi film atawa teknis film. Namun demikian begitu, bahasa umum tetap diprioritaskan daripada bahasa akademis demi kesetaraan tingkat keterbacaan berbagai lingkup dan tataran pengunjung situs Monoskrin.

Kontak

Pertanyaan & pengiriman umum


INFO@MONOSKRIN.COM

Catatan Kreator

Situsweb Monoskrin dirancang dan ditulis oleh beberapa orang yang antusias terhadap dunia film.

Meja Redaksi

Kunjungi laman Staf Redaksi.

Nawala Monoskrin

Dikirim setiap ada konten terkini